PGP-1-KABUPATEN
PIDIE-SAFRINA,S.Pd-1- KONEKSI ANTAR MATERI NILAI &
PERAN
GURU PENGGERAK
Volume I, Nomor I, November 2020
KONEKSI
ANTAR MATERI-NILAI & PERAN GURU PENGGERAK
Mahlianur Rahman (Pemdamping) , Anis Suparti (Fasilitator)
1. Latar belakang tentang situasi yang dihadapi CGP
Selama
ini proses pembelajaran ( belajar mengajar) sekolah atau dikelas Tk kartika
sudah sangat baik sesuai dengan pedoman kurikulum 13 yang bertujuan untuk
mencerdaskan anak bangsa,berkarakter, budi pekerti yang baik sesuai dengan
aspek perkembangan pembelajaran ( Nam, Sosem, Bahasa, kognitif, fisik motorik
dan seni). Dan anak bisa calistung dimana sesuai dengan tuntutan orang tua
kepada anak didik untuk persiapan mereka memasuki sekolah tingkat , walaupoun di tk tidak dituntuk anak didik
bisa calistung.
2. Deskripsi Aksi nyata, mengapa melakukan dalam hal ini,
Sesuai dengan pedoman kurikulum dimana guru berperan untuk dapat menuntun anak didik mampu beradaptasi dengan lingkungan dan dapat mencapai perkembangan 6 aspek yang didalamnya (nam,sosem, bahasa, kognitif, fisik motorik, dan seni). Saya melakukan hal ini, perubahan proses pembelajaran dari banyaknya belajar dari hasil karya ke belajar dalam bentuk proses dimana anak didik lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan idenya sendiri tidak harus selalu mengikuti sesuai kemauan guru, guru sebagi model atu tauladan bagi anak didik dalam pembiasaan untuk dapat di contohkan oleh anak didik sesuai dengan nilai-nilai dan peran guru penggerak ( menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tinginyasebagai manusia maupun sebagi anggota masyarakat luas), untuk dapat menciptakan generasi yang berkarakter. Dengan hal-hal yang baru anak sangat antusias dalam belajar apalagi dengan sebuah permainan. Dimana pembelajaran adalah suatau upaya perubahan dalam mengembangkan potensi yang dimilki oleh anak, contohnya: - saat membaca doa mau makan anak sendiri yang menjadi pemmimpin bacaan doa kepada teman-temannya, guru hanya memotovasi (medorong) untuk mendapatkan hasil pendidikan anak didik di Tk yangberkarakter,bijaksan,akhlakulkarimah.
Guru menyiapkan Rpp untuk dapat merancang proses pembelajaran yang bervariasi dan menyenagkan kepada anak didik sehingga anak didik semangat dan merasa nyaman saat proses belajar berlangsung.
Semester/Minggu/Hari ke :1 / 5 / 1
Hari, tanggal : Senin, 9/11/ 2020
Kelompok usia :5 – 6Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Hewan/ hewan peliharaan / bebek
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.3
– 3.1 – 4.1 – 3.9 – 4.9, 3.3- 4.3, 3.5- 4.5, 2.8, 2.5, 3.15- 4.15
Materi Kegiatan : - Mengenal
hewan ciptaan Allah
- Disiplin
- Berkreasi
dengan berbagai media
-Pengembangan
motorik kasar & halus
:-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
-
Berperilaku baik
- Doa sebelum
belajar
- Mencuci
tangan
Alat dan bahan : pensil, gambar bebek,pewarna,platisin
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang hewan di
darat
3.
Bercerita tentang hewan
peliharaan
4.
Menyanyi lagu ayam-ayam-ayam bebek
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Mewarnai gambar bebek dengan jari
2.
Menirukan suara bebek
3. Membuat berbagai bentuk dari platisin
C. KEGIATAN
PENUTUP
1.
Bernyanyi
lagu pulang kerumah
2.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
Mengetahui,
Kepala Tk Kartika xiv-4
Guru
Kelompok B1
CUT SRIWAHYUNI, S. Pd SAFRAINA,
S.Pd/WARDANI
Nip. 197709142008012002
3. Hasil dari Aksi nyata yang dilakukan,
Setelah saya mempelajarai modul 1.2.b.10 dimana saya lebih memahami cara-cara penerapan dan tujuan pembelajaran yang mempengaruhi kecanggihan zaman sejak usia dini ,dan generasi dari anak didik yang kita tuntun selama ini mendapat kebebasan dalam menentukan pilihan cara belajar mereka. Menciptakan suasana belajar yang merdeka (aman, nyaman, dan menyenangkan) sehingga anak berani untuk tampil kapan saja dengan idenya sendiri, Contoh: membantu teman yang belum siap, meronce bentuk geometri sesuai bentuk, warana dan ukuran. Pembelajaran seperti ini membuat anak lebih semangat dan tidak bosan, tetap sesuai dengan nilai-nilai peran guru penggerak yang bertuuan untuk mencapai proses pembelajaran yang menyenangkan.
4. Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan ( kegagalan dan
Keberhasilan)
a. Kegagalan:
Dimana anak didik masih ada yang belum paham dengan apa yang
sudah mereka dapat dari gurunya seperti,
anak mengenal bebek ,suara bebek, cara jalan bebek, namun mereka masih ada yang
belum tahu apa makan bebek .tidak semua anak langsung tahu bebek itu suaranya
kuwek-kuwek-kuwek……. Saat guru menanyakan kepada anak didk
bagaimana suara bebek langsung anak bisa menjawab dengan semangat
kuwe-kuwek-kuwek. Apa makan bebek? Anak-anak bingun……guru memperagakan bebek
berenang masih juga bingun menebak hewan apa itu….
b. Keberhasilan:
Dalam
proses perubahan pembelajaran pada tk
kartika setelah saya mengikuti Bimbingan Guru penggerak dimana saya lebih
tearah dalam menyikapi merdeka belajar, dan nilai peran guru penggerak
- Guru
mrnggunakan proyektor dalam penyampaian media kepada anak
-
Sekolah terasa menyenangkan, aktif dan kreatif
( anak)
-
Suasana kelas yang efektif dan menyenangkan
-
Guru dan anak lebih semangat dan antusias
dalam proses belajar mengajar
-
Semoga dapat menjadi contoh untuk
sekolah-sekolah lain dalam perbaikan.
- Anak didik yang ceria, ramah, suka menolong dan berkarater sesuai dengan pemikiran Kihajar dewantara.
5. Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang
Guru
harus mampu mempraktekkan pendidikan yang kontruktif dan berbasis pengalaman
langsungdalam aspek KBM dan menciptakan sekolah dan kelas yang nyaman,
menyenangkan kepada anak didik dalam mendapatkan pendidikan sejak usia dini.
Guru juga merupakan sebagai model untuk
perubahan kepada anak didik yang cerdas, berkarater, bijaksana, dapat mencapai
kelematan dan kebahagian yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota
masyarakat sesuia dengan nilai dan peran guru penggerak. Dimana guru mulai
menggunakan proyektor dalam penyampaian media kepada anak sehingga anak tidak
lagi bingun dengan harus menebak hewan apa yng diceritakan guru, neamun bias
langsung anak melihat di proyektor dan jelas hewan apa yang diceritakan guru.
Mengenalkan kepada anak tentang pekerjaaan beserta berkunjung langsung ketempat
tersebut sesuai dengan tema yang sedang berlangsung atau yang dihadapi.
Artikel ini berjudul” Koneksi
Antar Materi Nilai Guru Penggerak
Penulis : Safrina, S.Pd Tk Kartika XIV-4 CGP
Kabupaten Pidie
SalamGuruPenggerak
Kegiatan anak mewarnai gambar bebek |
Komentar
Posting Komentar