PGP_1_SAFRINA_KABUPATEN PIDIE_1.2.a.10_AKSI NYATA
Rabu, 14 Desember 2020
PORTOFOLIO
Oleh
PGP ANGKATAN :1
WILAYAH : KABUPATEN PIDIE
NAMA : SAFRINA
KODE MODUL : 1.2a.10
AKSI NYATA
PERAN NILAI DAN GURU PENGGERAK DI
KELAS & SEKOLAH
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
dan Pengajaran adalah suatu proses mendidik anak untuk menjadi manusia yang
merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka tenaganya. Jadi seorang guru
bertugas untuk mampu mencermati garis kodrat kemampuan yang dibawa anak agar jiwanya
merdeka lahir batin. Cara yang bisa dilakukan adalah guru mampu memerdekakan lahir batin anak antara guru
yaitu menciptakan pembelajaran layaknya sebuah keluarga dimana suasana
kehangatan terasa oleh anak dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru harus
mampu mengembangkan talenta dan minat anak dimana anak anak harus peka dan
aktif dalam mencari tahu terntang segala
hal dari yang pasif menanti diberi tahu dan yang terakhir anak harus dibekali
dengan pendidikan budi pekerti agar kelak mampu menyesesuaikan diri dalam
masayarakat sebagai insane yang penuh dengan kebijaksanaan dan toleransi kepada
sesame.
Berdasarkan
latar belakang di atas saya akan melakukan sebuah Tindaka Aksi Nyata pembelajaran Market Day yang berpusat pada
anak didik, dimana anak harus lebih aktif dari biasanya dan guru hanya memantau
dan mengarahkan anak berekplorasi dengan belajar Market Day.
Maka
dengan ini saya akan memberi pijakan kepada anak untuk dapat berinteraksi
sesame teman pada saat jual beli terjadi.
B.
DESKRIPSI AKSI
NYATA
Pada aksi nyata ini dimana saya akan
melakukan pembelajaran dengan tema pekerjaan dan sub tema macam-macam pekerjaan
. Pada awal kegiatan pembelajaran saya terlebih dahulu akan bercerita tentang
tata cara jual beli kue yang ada di dekat sekolah dan menjelaskan untuk anak
proses jual beli kue itu harus dengan wajah yang ramah dan tersenyum supaya
orang mau dating uantuk membeli kue.. kemudian ibu meminta anak untuk berbaris sesuai kelompok
yang ibu bagikan. Dimana anak-anak merasa sangat senang dengan belajar hal yang
menarik minat anak –anak . Hal ini bertujuan untuk menguatkan kepribadian dan
karakter anak dalam proses kegiatan jual beli kue dengan teman saling
menyanyangi satu sama lain. Disini juga
saya biasaakan anak dalam membantu teman yang masih bingun dalam memilih kue
dan harga kue yang akan dibeli, sehingga anak mudah mengetahui harga kue yang
di beli.
Kegiatan berikutnya adalah saya membawa anak-anak ke luar kelas ututk merapikan meja , kue mangatur semua peralatan yang dibutuhkan bersama. Kemudian 3 anak perempuan menggunak topi coki warna ping bagi yang kena menjual kue, dan 3 anak laki-laki menggunakan topi coki warna biru, teman-teman lain jadi pembeli kue. Suasana yang sangat menyenangkan saat kegiatan Market Day berlangsung. Berikut merupakan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian) :
Semester/
minggu/hari : I/3/6
Hari/Tanggal : Senin/16/ Desember 2020
Kelompok/Usia :B1/5-6 tahun
Tema/
Sub Tema :Pekerjaan/
macam-macam pekerjaan
KD :1.1,
1.2, 2.3, 2.8, 3.5- 4.5, 3.3-
3-4.3, 3.11- 4.11, 3. 15- 4.15
Materi Kegiatan:
Mengenal
bentuk dan ukuran
Keaksarana
wal
Bernyanyi
Pengembangan
motorik kasar dan halus
Mau
bermain bersama teman
Bercerita
Tanya
jawab
Kegiatan: ( KELOMPOK)
Alat dan Bahan :
Meja, alas meja piring, karton, kue basah dan kue kering, uang , hp
Pembukaan
-Penerapan
sop pembukaan
-Berceritan
tentang tentang Market Day
-Bernyanyi senang
Kegiatan Inti
-Jual
–beli kue
-Komunikasi
antara jual dan pembeli
-Tanya jawab dengan guru dan teman
Kegiatan akhir
-Bersalawat
-Tanya
jawab kegiatan satu hari
-Menginformasikan
kegiatan besok hari
-Berdoa, slam ,pulang
Rencana penilaian
A.
Sikap
a.
Dapat
menghargai sesama teman,menyanyangi manusia sebgai ciptaan Allah
b.
Menggunakan
kata –kata yang sopan
c.
Ramah
B.
Pengetahuan
& Ketrampilan
a.
Mampu
mengetahui harga kue per potong
b.
Mampu
mengenal jumlah kue yang dibeli
c.
Mandiri
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru
kelompok B1
Cut sriwahyuni, S.Pd Safrina,
S.pd
Nip.197709142007012002
C.
HASIL DARI AKSI
NYATA
Setelah saya melakukan aksi nyata maka
saya melihat anak-anak jauh lebih senang dan bersemangat dalam belajar, dimana
mereka juga lebih berekplorasi dan berimajinasi sesuai dengan keinginan mereka,
hal ini dapat terlihat dari kegiatan mereka saat terjadi proses jual beli kue,
dengan mereka melakukan sendiri interaksinya sesama teman, mereka lakukan
dengan senang hati dan penuh tanggung jawab.
Adapun hasil lain yang dapat kita lihat adalah anak-anak lebih aktif dalam pergaulan sesama teman, mencari tahu tentang hal-hal baru saat mereka melihat kue-kue yang ada pada meja yang sudah tersusun rapi. Dimana hal ini bisa terjadi karena suasana belajar anak terasa nyaman,aman dan senang, jadi anak-anak terasa lebih dekat dengan guru dan berani untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yg dihadapinya.
D.
PEMBELAJARA YANG
DI DAPAT DARI AKSI NYATA
a.
Kegagalan
- Masih ada anak yang tidak mau membeli kue karena malu
- Masih ada juga anak yang tidak mau bergabung
- Anak masih kurang percaya diri saat ada dalam keramaian
b.
Keberhasilan
-
Anak
mampu mengenal kue kesukaan dan harga kue
-
Anak
–anak kelihatan senang saat berbelanja kue
-
Anak-anak
mampu mencertikan pengalaman market day
-
Kegiatan
ini dapat membangkitkan semangat belajar yng tinggi untuk anak
-
Anak-anak
lebih kreatif dalam mencari tahu
E.
RENCANA
PERBAIKAN
a.
Kegagalan
pertama kerana masih ada kegagalan yang terdapat dalam proses pembelajaran
seperti anak masih tidak mau membeli kue karena malu, maka guru akan melakukan
perbaikan dengan cara mendekati si anak dan mengajak untuk mengajak beli kue
ditemani oleh guru dan mengajukan beberapa pertanyan untuk terasa lebih dekat.
b.
Kegagalan
yang kedua adalah masih ada anak yang tidak mau bergabung, maka guru akan
mendekati dan mencari tahu kanapa anak tidak mau bergabung buku dan mengajak
melihat teman yang bermain market day, padahal dia suka.
c.
Kegagalan
ketiga adalah masih ada anak yang kurang percaya diri saat dalam keramaian , Maka guru mendekati anak tersebut lalu
mengatakan dia bisa dan mampu melakukannya serta memberi dua jempol supaya dia
mau melakukan walaupum malu-malu. Akhirnya mulai mau bergabung dengan suara
yang amat kecil, suka tapi malu.
F.
DOKUMENTASI
Selesai kegiatan market day
Komentar
Posting Komentar