PGP_1_SAFRINA_KABUPATEN PIDIE_1.2.a.10_AKSI NYATA

 

Rabu, 14 Desember 2020

 


                                                                                                                                                                                                                                          PORTOFOLIO

                                                                                         Oleh 

                                                                              PGP ANGKATAN :1

                                                                 WILAYAH          : KABUPATEN PIDIE

                                                                    NAMA               : SAFRINA

                                                                  KODE MODUL  : 1.2a.10

                                                              AKSI NYATA

                                      PERAN NILAI DAN GURU PENGGERAK DI KELAS & SEKOLAH


A.    LATAR BELAKANG

Pendidikan dan Pengajaran adalah suatu proses mendidik anak untuk menjadi manusia yang merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka tenaganya. Jadi seorang guru bertugas untuk mampu mencermati garis kodrat kemampuan yang dibawa anak agar jiwanya merdeka lahir batin. Cara yang bisa dilakukan adalah guru mampu  memerdekakan lahir batin anak antara guru yaitu menciptakan pembelajaran layaknya sebuah keluarga dimana suasana kehangatan terasa oleh anak dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru harus mampu mengembangkan talenta dan minat anak dimana anak anak harus peka dan aktif  dalam mencari tahu terntang segala hal dari yang pasif menanti diberi tahu dan yang terakhir anak harus dibekali dengan pendidikan budi pekerti agar kelak mampu menyesesuaikan diri dalam masayarakat sebagai insane yang penuh dengan kebijaksanaan dan toleransi kepada sesame.

Berdasarkan latar belakang di atas saya akan melakukan sebuah Tindaka Aksi Nyata  pembelajaran Market Day yang berpusat pada anak didik, dimana anak harus lebih aktif dari biasanya dan guru hanya memantau dan mengarahkan anak berekplorasi dengan belajar Market Day.

Maka dengan ini saya akan memberi pijakan kepada anak untuk dapat berinteraksi sesame teman pada saat jual beli terjadi.

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Pada aksi nyata ini dimana saya akan melakukan pembelajaran dengan tema pekerjaan dan sub tema macam-macam pekerjaan . Pada awal kegiatan pembelajaran saya terlebih dahulu akan bercerita tentang tata cara jual beli kue yang ada di dekat sekolah dan menjelaskan untuk anak proses jual beli kue itu harus dengan wajah yang ramah dan tersenyum supaya orang mau dating uantuk membeli kue.. kemudian  ibu meminta anak untuk berbaris sesuai kelompok yang ibu bagikan. Dimana anak-anak merasa sangat senang dengan belajar hal yang menarik minat anak –anak . Hal ini bertujuan untuk menguatkan kepribadian dan karakter anak dalam proses kegiatan jual beli kue dengan teman saling menyanyangi satu sama lain.  Disini juga saya biasaakan anak dalam membantu teman yang masih bingun dalam memilih kue dan harga kue yang akan dibeli, sehingga anak mudah mengetahui harga kue yang di beli.

      Kegiatan berikutnya adalah saya membawa anak-anak ke luar kelas ututk merapikan meja , kue mangatur semua peralatan yang dibutuhkan bersama. Kemudian 3  anak perempuan menggunak topi coki warna ping bagi yang kena menjual kue, dan 3 anak laki-laki menggunakan topi coki warna biru, teman-teman lain jadi pembeli kue. Suasana yang sangat menyenangkan saat kegiatan Market Day berlangsung. Berikut merupakan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian) : 

Semester/ minggu/hari       : I/3/6

Hari/Tanggal                     : Senin/16/ Desember 2020

Kelompok/Usia                 :B1/5-6 tahun

Tema/ Sub Tema               :Pekerjaan/ macam-macam pekerjaan

KD                                                :1.1, 1.2, 2.3, 2.8,  3.5- 4.5, 3.3- 3-4.3,  3.11- 4.11, 3.                                           15- 4.15

Materi Kegiatan: 

Mengenal bentuk dan ukuran

Keaksarana wal

Bernyanyi

Pengembangan motorik kasar dan halus

Mau bermain bersama teman

Bercerita

Tanya jawab

 Kegiatan:  ( KELOMPOK)

Alat dan Bahan   :

Meja, alas meja piring,  karton, kue basah dan kue kering, uang  , hp 

Pembukaan

-Penerapan sop pembukaan

-Berceritan tentang tentang Market Day

-Bernyanyi senang 

Kegiatan Inti

-Jual –beli kue

-Komunikasi antara jual dan pembeli

-Tanya jawab dengan guru dan teman 

Kegiatan akhir

-Bersalawat

-Tanya jawab kegiatan satu hari

-Menginformasikan kegiatan besok hari

-Berdoa, slam ,pulang 

Rencana penilaian

A.    Sikap

a.       Dapat menghargai sesama teman,menyanyangi manusia sebgai ciptaan Allah

b.      Menggunakan kata –kata yang sopan

c.       Ramah

B.     Pengetahuan & Ketrampilan

a.       Mampu mengetahui harga kue per potong

b.      Mampu mengenal jumlah kue yang dibeli

c.       Mandiri

Mengetahui,

Kepala sekolah                                                                                    Guru kelompok B1


Cut sriwahyuni, S.Pd                                                                          Safrina, S.pd

Nip.197709142007012002

 

C.    HASIL DARI AKSI NYATA

Setelah saya melakukan aksi nyata maka saya melihat anak-anak jauh lebih senang dan bersemangat dalam belajar, dimana mereka juga lebih berekplorasi dan berimajinasi sesuai dengan keinginan mereka, hal ini dapat terlihat dari kegiatan mereka saat terjadi proses jual beli kue, dengan mereka melakukan sendiri interaksinya sesama teman, mereka lakukan dengan senang hati dan penuh tanggung jawab.

            Adapun hasil lain yang dapat kita lihat adalah anak-anak lebih aktif dalam pergaulan sesama teman, mencari tahu tentang hal-hal baru saat mereka melihat kue-kue yang ada pada meja yang sudah tersusun rapi. Dimana hal ini bisa terjadi karena suasana belajar anak terasa nyaman,aman dan senang, jadi anak-anak terasa lebih dekat dengan guru dan berani untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yg dihadapinya. 

D.    PEMBELAJARA YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

a.       Kegagalan

-          Masih ada anak yang tidak mau membeli kue karena malu 

-          Masih ada juga anak yang tidak mau bergabung 

-          Anak masih kurang percaya diri saat ada dalam keramaian 

b.      Keberhasilan

-          Anak mampu mengenal kue kesukaan dan harga kue

-          Anak –anak kelihatan senang saat berbelanja kue

-          Anak-anak mampu mencertikan pengalaman market day

-          Kegiatan ini dapat membangkitkan semangat belajar yng tinggi untuk anak

-          Anak-anak lebih kreatif dalam mencari tahu

E.     RENCANA PERBAIKAN

a.       Kegagalan pertama kerana masih ada kegagalan yang terdapat dalam proses pembelajaran seperti anak masih tidak mau membeli kue karena malu, maka guru akan melakukan perbaikan dengan cara mendekati si anak dan mengajak untuk mengajak beli kue ditemani oleh guru dan mengajukan beberapa pertanyan untuk terasa lebih dekat.

b.      Kegagalan yang kedua adalah masih ada anak yang tidak mau bergabung, maka guru akan mendekati dan mencari tahu kanapa anak tidak mau bergabung buku dan mengajak melihat teman yang bermain market day, padahal dia suka.

c.       Kegagalan ketiga adalah masih ada anak yang kurang percaya diri saat dalam keramaian ,  Maka guru mendekati anak tersebut lalu mengatakan dia bisa dan mampu melakukannya serta memberi dua jempol supaya dia mau melakukan walaupum malu-malu. Akhirnya mulai mau bergabung dengan suara yang amat kecil, suka tapi malu.

 

F.     DOKUMENTASI



                                            Diawali dengan membaca doa
 

menyiapkan market day

Anak tawar menawar harga kue

Anak membeli kue

Adanya komunikasi antara penjual dengan pembeli


                                                                    Guru hanya memantau dan mengarahkan


                                                                      Selesai kegiatan market day

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan aksi nyata safrina tk kartika