Rabu, 2 Desember 2020

 

PORTOFOLIO  

Oleh : 

PGP ANGKATAN :1

  

                            WILAYAH                  : KABUPATEN PIDIE

         NAMA                       : SAFRINA

     KODE MODUL    : 1.1a.10 

AKSI NYATA

PENERAPAN PEMIKIRAN KHD DI KELAS & SEKOLAH

A.    LATAR BELAKANG

    Pengajaran adalah suatu prose mendidik anak untuk menjadi manusia yang merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka tenaganya. Jadi seorang guru bertugas untuk mampu mencermati garis kodrat kemampuan yang dibawa anak agar jiwanya merdeka lahir batin. Cara yang bisa dilakukan adalah guru mampu  memerdekakan lahir batin anak antara guru yaitu menciptakan pembelajaran layaknya sebuah keluarga dimana suasana kehangatan terasa oleh anak dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru harus mampu mengembangkan talenta dan minat anak dimana anak anak harus peka dan aktif  dalam mencari tahu terntang segala hal dari yang pasif menanti diberi tahu dan yang terakhir anak harus dibekali dengan pendidikan budi pekerti agar kelak mampu menyesesuaikan diri dalam masayarakat sebagai insane yang penuh dengan kebijaksanaan dan toleransi kepada sesame.

    Berdasarkan latar belakang di atas saya akan melakukan sebuah Tindaka Aksi Nyata yang mengedepankan pembelajaran yang berpusat pada anak didik, dimana anak harus lebih aktif dari biasanya dan guru hanya memberikan materi dan mengarajhkan anak berekplorasi dan mencarai tahu sendiri tentang materi yang akan diberikan oleh guru. 

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

    Pada aksi nyata ini dimana saya akan melakukan pembelajaran dengan tema Diri sendiri dan sub tema  permaianan kesukaanku. Pada awal kegiatan pembelajaran saya terlebih dahulu akan bercerita tentang permainan yang disukai oleh anak-anak, kemudian saya akan memberitahukan tata cara bermain ,posisi main sebelum digunakan, mengingatkan nati mainanya harus seperti semula. Halk ini brtujuan untuk mengasah ketrampilan ,daya ingat anak dalam aturan yang telah disepakati

      Kegiatan berikutnya adalah saya membawa anak-anak keruang bermain dan meminta kepada anak untuk mengingat autaran yang ibu kenalkan tadi.Kemudian anak bermain bebas sesuai dengan keinginan sendiri , anak main mandi bola, jadi pk dokter, main bakiak, membaca buku dan asyik mengendong boneka, disini saya hanya memantau kegiatan anak ,anak sendiri yang melakukan semua rancangannya.

Berikut merupakan RPPh (rencana pelaksanaan pembelajaran harian) :

Semester/ minggu/hari       : I/3/6

Hari/Tanggal                     : Sabtu/24/ Oktober 2020

Kelompok/Usia                 :B1/5-6 tahun

Tema/ Sub Tema               :Diri sendiri/ permainan kesukaan

KD                                                :1.1, 1.2, 2.3, 2.8,  3.5- 4.5, 3.3- 3-4.3,  3.11- 4.11, 3.

                                           15- 4.15

Materi Kegiatan:

Mengenal besar kecil

Keaksarana wal

Bernyanyi

Pengembangan motorik kasar dan halus

Mau bermain bersama teman

Bercerita

Tanya jawab

Kegiatan:  ( KELOMPOK)

Alat dan Bahan     :

 semua alat main ruang bermain

Pembukaan

-Penerapan sop pembukaan

-Berceritan tentang mainan kesukaan

-Berjalan berjinjit

Kegiatan Inti 

-Bermain bebas di ruang bebas 

Kegiatan akhir 

-Bernyanyi lagu di sini senang

-Tanya jawab kegiatan satu hari

-Menginformasikan kegiatan besok hari

-Berdoa, slam ,pulang 

Rencana penilaian

A.    Sikap

a.       Dapat menghargai sesama teman,menyanyangi manusia sebgai ciptaan Allah

b.      Menggunakan kata –kata yang sopan

B.     Pengetahuan & Ketrampilan

a.       Dapat membuat bentuk dari lego,balok

b.      Mampu menyusun puzzle

c.       Mampu berekplorasi

Mengetahui,

Kepala sekolah                                                                                    Guru kelompok B1

 

Cut sriwahyuni, S.Pd                                                                          Safrina, S.pd

Nip.197709142007012002

C.    HASIL DARI AKSI NYATA

    Setelah sya melakukan aksi nyata maka saya melihat anak-anak jauh lebih senang dan bersemangat dalam belajar, dimana mereka juga lebih berekplorasi dan berimajinasi sesuai dengan keinginan mereka, hal ini dapat terlihat dari beragamnya mainan yang mereka lakukan saat bermain ,pola piker dan ide yang berbeda saat mereka menuangkan idenya.

            Adapun hasil lain yang dapat kita lihat adalah anak-anak lebih aktif dalam menuangkan ide, mencari tahu tentang hal-hal baru saat mereka melihata alat mainan yang ada didepam mereka ddan akan terpikir apa yang dibuat,bagaimana cara bermainnya.dimana hal ini bisa terjadi karena suasana belajar anak terasa nyaman, senang, jadi anak-anak terasa lebih dekat dengan guru dan berani untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yg dihadapinya. 

D.    PEMBELAJARA YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

a.       Kegagalan

-          Masih ada anak yang tidak mau bermain dengan teman,

-          Masih ada juga anak yang tidak berani bertanya kepada guru malu.

-          Anak minder dalam menunjuk karyanya bermain sembunyi-sembunyi ( main masa-masaan dengan tangan sebelah menutup alat mainnya tidak dilihat oleh teman dan ibu guru.

b.      Keberhasilan

-          Suasana bermain menyenangkan

-          Anak –anak kelihatan gembira, aktif dan kreatif

-          Anak-anak bebas berekplorasi

-          Kegiatan bermain bebas ini dapat membangkitkan semangat belajar yng tinggi untuk anak

-          Anak-anak lebih kreatif dalam mencari tahu

E.     RENCANA PERBAIKAN

a.       Kegagalan pertama kerana masih ada kegagalan yang terdapat dalam proses pembelajaran seperti anak masih tidak mau bermain bersama teman, maka guru akan melakukan perbaikan dengan cara mendekati si anak dan mengajak untukm bermain dengan guru dan mengajukan beberapa pertanyan untu terasa lebih dekat.

b.      Kegagalan yang kedua adalah masih ada anak yang tidak berani bertanya kepada guru, maka guru akan mendekati dan mencari tahu kanpa anak tidak beranai bertanya padalan anak masih bingun dalkam mengatur mainannya.sehingga anak berani bertanya dengan suara yg kecil.

c.       Kegagalan ketiga adalah masih ada anak yang minder dam malu menampakkan karyanya kepada teman dan guru harus sembunyi-sembunyi. Maka guru mendekati anak tersebut lalu mengatakan karya nya bagus dan indah sekali kenapa harus malu dan ditutup dan berguru memberikan reward dua jempol kepada anak tersebut lalu anak tersenyum malu.

Kegiatan rutin setiap hari senam pagi

Anak bermain bola
Anak bermain mandi bola

Anak bermain bebas
Anak bermain panggung boneka dan masa-masaan


Anak membuat berbagai bentuk dari lego


                                                                        Foto bersama ananda tercinta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan aksi nyata safrina tk kartika