PGP-1-Kabupaten Pidie -Safrina-1.4- Rancangan Aksi

 

Rabu, 26 Januari 2020

 

PORTOFOLIO 

Oleh : 

PGP ANGKATAN :1 

                      WILAYAH          : KABUPATEN PIDIE

         NAMA                     : SAFRINA

   KODE MODUL      : 1.4a.10

 KSI NYATA

PENERAPAN PEMIKIRAN KHD DI KELAS & SEKOLAH

 

A.    LATAR BELAKANG

Budaya positif adalah berupa kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak didik yang telah di sepakati bersama untuk dijalankan disekolah dalam waktu yang lama. Budaya belajar positif di sekolah TK kartika XIV-4 sigli sudah lama dijalankan adalah nilai disiplin, sopan, dalam kebisaan sehari-hari dalam pergaulan disekolah sesame teman dan juga kepada guru untuk menjadi kepribadian mereka yang baik. Dimana wilayah kabupaten pidie masih sedikit rawan dalam masalah pandemi covid 19. Tk kartika sampai sekolah sif-sifan untuk menjaga jarak dan kesehatan dan belajar tetap bisa dijalan kan dengan mengutamakan protocol kesehatan. Dan kegiatan belajar yang tidak boleh diluar kelas kegiatan main bebas dihilangkan maka tersa amat cocok untuk di terapkan literasi di sekolah demi membuat anak tidak bosan dan tetang menyenangkan dalam belajar dimana anak bisa mengenal huruf dan memebaca gambar yang ada pada buku cerita pada pustaka mini yang ada disekolah.

Maka dengan ini saya akan mencoba membuat GLS ( gerakan literasi sekolah) membiasakan anak untuk gemar membuka buku dan membaca gambar sehingga tanpa sengaja anak mampu menyebutkan huruf yang ada pada buku dan mengenal huruf nama sendiri . membuat pustaka mini yang menyenangkan untuk anak bebas berinteraksi dengan sesame teman yang dapat membuat anak saling berkomunikasi satu sama lain.

Berdasarkan latar belakang di atas saya akan melakukan sebuah Tindaka Aksi Nyata yang menyenangkan yaitu GLS (gerakan literasi sekolah) untuk membuat anak tetap semangat dan menyenangkandi sekolah. 

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Pada aksi nyata ini dimana saya akan melakukan pembelajaran dengan tema rekreasi dan sub tema tempat rekreasi . Pada awal kegiatan pembelajaran saya terlebih dahulu akan bercerita tentang tempat-tempat berrekreasi yang ada di kota sigli dan menulis nama tempat rekreasi dibantu bu guru menempel didinding kelas untuk anak mengingat dengan mendengar bacaan buguru. kemudian  ibu meminta anak mengulang nama tempat-tempat rekreasi yang ibu sebutkan. Dimana anak-anak merasa sangat senang dengan belajar hal yang menarik minat anak –anak . Hal ini bertujuan untuk menguatkan kepribadian dan karakter anak dalam bermain dengan teman saling menyanyangi satu sama lain.  Disini juga saya biasaakan anak dalam membaca gambar dalam kelas yang ada pada dinding sehingga anak mudah mengenal dan mengingat huruf yang dilihat.

      Kegiatan berikutnya adalah saya membawa anak-anak ke ruang bermain bebas di belakang kelas yang sudah tersusun menjadi pustaka mini, dan memberi pijakan kepada anak untuk mengambil buku yang mereka sukai mulailah membaca gamabr dari kulit sampai isi dalam buku dengan selesai. Kemudian saya menanyakan isi buku yang anak baca, anak mampu menceritakan isi cerita pada buku secara sederhana Mereka sangat senang,disini saya sebagai guru sangat bangga dan termotivasi atas apa yang telah di lakukan anak di sekolah.

Berikut merupakan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian) :

Semester/ minggu/hari       : I/3/6

Hari/Tanggal                     : Senin/16/ Januari 2020

Kelompok/Usia        :B1/5-6 tahun

Tema/ Sub Tema      :Rekreasi/ tempat-tempat rekreasi

KD                           :1.1, 1.2, 2.3, 2.8,  3.5- 4.5, 3.3- 3-4.3,  3.11- 4.11, 3.15-5,15                                    

Materi Kegiatan:

Mengenal besar kecil

Keaksarana wal

Bernyanyi

Pengembangan motorik kasar dan halus

Mau bermain bersama teman

Bercerita

Tanya jawab

Kegiatan:  ( KELOMPOK)

 Alat dan Bahan   :

Buku, tikar, , hp

Pembukaan

-Penerapan sop pembukaan

-Berceritan tentang tentang senangnya membaca gambar yanga ada pada buku

-Bernyanyi senang

Kegiatan Inti

-Membaca buku dengan gambar

-Menceritakan kembali

-Tanya jawab dengan guru dan teman

Kegiatan akhir

-Bersalawat

-Tanya jawab kegiatan satu hari

-Menginformasikan kegiatan besok hari

-Berdoa, slam ,pulang

Rencana penilaian

A.    Sikap

a.       Dapat menghargai sesama teman,menyanyangi manusia sebgai ciptaan Allah

b.      Menggunakan kata –kata yang sopan

c.       Ramah

B.     Pengetahuan & Ketrampilan

a.       Mampu mengenal huruf yang ada pada buku

b.      Mampu membaca gambar pada buku

c.       Mandiri

Mengetahui,

Kepala sekolah                                                                                    Guru kelompok B1

  

Cut sriwahyuni, S.Pd                                                                          Safrina, S.pd

Nip.197709142007012002

C.    HASIL DARI AKSI NYATA

Setelah saya melakukan aksi nyata maka saya melihat anak-anak jauh lebih senang dan bersemangat dalam belajar, dimana mereka juga lebih berekplorasi dan berimajinasi sesuai dengan keinginan mereka, hal ini dapat terlihat dari kegiatan mereka saat berda di ruang pustaka mini dengan membaca buku, dengan senang membuka buku saling Tanya sesame teman tentang gambar yang ada pada buku, mereka lakukan dengan senang hati dan disiplin.

            Adapun hasil lain yang dapat kita lihat adalah anak-anak lebih aktif dalam pergaulan sesama teman, mencari tahu tentang hal-hal baru saat mereka melihat gambar-gambar yang ada pada buku cerita. Dimana hal ini bisa terjadi karena suasana belajar anak terasa nyaman,aman dan senang, jadi anak-anak terasa lebih dekat dengan guru dan berani untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yg dihadapinya. 

D.    PEMBELAJARA YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

a.       Kegagalan

-          Masih ada anak yang tidak suka dengan membaca buku

-          Masih ada juga anak yang ingin bermain boneka aja

-          Anak anak belum mampu membaca gambar pada buku

b.      Keberhasilan

-          Anak mampu membaca gambar yang ada pada buku

-          Anak –anak kelihatan senang saat berda di pustaka mini yang banyak buku

-          Anak-anak mampu mencertikan isi buku yang telah dibaca

-          Kegiatan ini dapat membangkitkan semangat belajar yng tinggi untuk anak

-          Anak-anak lebih kreatif dalam mencari tahu

E.     RENCANA PERBAIKAN

a.       Kegagalan pertama kerana masih ada kegagalan yang terdapat dalam proses pembelajaran seperti anak masih tidak mau membaca buku, maka guru akan melakukan perbaikan dengan cara mendekati si anak dan mengajak untuk mengambil buku dan membaca gambar pada buku ditemani oleh guru dan mengajukan beberapa pertanyan untuk terasa lebih dekat.

b.      Kegagalan yang kedua adalah masih ada anak yang mau ber main boneka aja, maka guru akan mendekati dan mencari tahu kanapa anak tidak mau membaca buku dan mengajak melihat teman yang membaca, padahal dia bisa dan  mampu.

c.       Kegagalan ketiga adalah masih ada anak yang belum mampunmembaca gambar pada buku,  Maka guru mendekati anak tersebut lalu mengatakan dia bisa dan mampu melakukannya serta memberi dua jempol supaya dia mau melakukan walaupum malu-malu. Akhirnya mulai membaca dengan suara yang amat kecil, suka tapi malu.

F.     DOKUMENTASI

 
Kegiatan awal Membaca doa bersama


Anak memilih buku untuk membaca gambar


                                Setelah membaca gambar pada buku pada ruang bpustaka mini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan aksi nyata safrina tk kartika