RPP BERDIFERENSIASI
PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
Salam
guru Penggerak
Modul 2.1 membahas tentang pembelajaran berdiferensiasi. Apa pembelajaran
berdiferensiasi dan bagaimana contoh Rpp
( rencana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi tersebut? Mari lihat
uraiannya.
Menurut Tmlison (2020), pembelajaran berdiferensiasi
adalh usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi
kebutuhan belajar setiap murid.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian
keputusan yang masuk akal yang dibuat oleh yang berorentasi kepada kebutuhan
murid. Keputusan-keputusan tersebut adalah terkait dengan :
Ø Lingkungan
belajar yang menarik minat belajar murid
Ø Tujuan
pembelajaranyang jelas
Ø Penilian
berkelanjutan
Ø Merespon
kebutuhan belajar murid
Ø Pengelola
manajemen kelas yang efektif
Tmlinson
(2021) mengatakan bahwa kita sebagai guru dapat mengkatogorikan kebutuhan
belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek sebagai berikut :
Ø Kesiapan
belajar ( readiness)
Ø Minatmurid
Ø Profil
belajar murid
Contoh
RPP Berdiferensiasi :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA
TAMAN KANAK-KANAK
KELOMPOK B (5 – 6 TAHUN)
Tema / Sub Tema : Lingkunganku / Lingkungan Sekolah
Kompetensi Dasar : 1.1,3.1-4.1,3.6 – 4.6, 3.5-4.5, 2.5, 3.15 – 4.15, 3.10 – 4.10
Materi :
Ø
Pencampuran
warna
Ø
Bermain
dengan kemampuan sendiri
Ø
Mendengarkan
instruksi guru
Ø
Bercerita
tentang hasil pencampuran warna.
Tujuan Pembelajaran : 1. Anak mampu melakukan percampuran 2 warna
2. Anak mampu melakukan percampuran 2
atau 3warna serta dapat menceritakan hasil percampuran warna.
3. Anak mampu mengenal warna melalui
percampuran warna
Media Pembelajaran: air
putih, mangkok, permen warna-warni, sendok, pewarna makanan atau cat air.
A. Kegiatan Pembukaan
1. Guru memberi salam, berdoa, absensi murid.
2. Bernyanyi pembukaan bersama
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini
4. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
Kegiatan ini dalam lembar kerja, di mulai dengan
melibatkan siswa dalam pembelajaran. Bentuk pelibatan tersebut berupa siswa di
minta untuk menyelesaikan lembar kerja berkelompok.untuk mengeksplorasi tentang
warna, dan menyelidiki apa yang terjadi jika warna di campur.
ü Mengintruksi kepada anak untuk melakukan pencampuran 2
warna ( Lk terlampir)
ü Bagi anak yang sudah dapat mengikuti intruksi 2 langkah
guru mengintruksi anak untuk melakukan pencampuran 3 warna dan meminta mereka
menceritakan hasil dari pencampuran warna ( LK terlampir)
ü Bagi murid yang belum dapat mengikuti intruksi guru mereka akan dibimbing dengan memberikan intruksi satu demi satu (LK terlampir)
C. Kegiatan Penutup
1. Siswa bersama guru mengambil kesimpulan pembelajaran
2. Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran
4. Menyampaikan
informasi kegiatan esok hari
5. Berdoa, bernyanyi dan bersholawat
D.
PENILAIAN
Sikap :
Observasi terhadap sikap murid dalam melakukan percampuran warna
Pengetahuan : melakukan percampuran warna dan berceritan
tentang hasil percampuran warna
Ketrampilan : Hasil Karya murid ( percampuran warna)
a.Observasi
b. Anekdot
a
Strategi :.Observasi
Alat : Catatan
No |
Indikator
Penilaian |
Skor Penilaian |
|||
BB |
MB |
BSH |
BSB |
||
1. 2. 3. 4. 5. |
Anak mampu
membaca doa belajar Anak mampu
melakukan percampuran dua warna Anak mampu
melakukan percampuran 3 warna dan
mampu bercerita hasil dari percampuran warna Anak mampu
mengelompokkan permen sesuai dengan tempat Anak mampu
mengelompokkan permen 2 warna atau lebih |
Azam Asraf Lesya Aqil zaki |
Sheka Dara Jihan Fahri danis |
Aga Semman Najwa Kayla Semua anak |
Akila Syaqila Bagas Hasan - |
Capaian Perkembangan
Anak
Keterangan:
Ø Berkembang
Sangat Baik (BSB)
Ø Berkembang
Sesuai Harapan (BSH)
Ø Mulai
Berkembang (MB)
Ø Belum Berkembang (BB)
b. Penilaian Pengetahuan dan
Ketrampilan
- Strategi
: Unjuk Kerja
- Alat :
Checklist
Contoh penilaian Ranah pengetahuan
dan ketrampilan
Indikator |
Checklist |
Catatan |
|||
Pengetahuan |
Berkembang
Sangat Baik |
Berkembang
Sesuai Harapan |
Mulai
Berkembang |
Belum
berkembang |
|
Mampu
menceritakan hasil percampuran 2 atau
3wrana |
|
|
|
|
|
Ketrampilan fisik motorik |
Berkembang
Sangat Baik |
Berkembang
Sesuai Harapan |
Mulai
Berkembang |
Belum
Berkembang |
Catatan
tambahan terkait diferensiasi |
Mampu
melakukan percamuran 2 warna |
|
|
|
|
|
Mengelompokkan
permen warna warni sesuai tempat |
|
|
|
|
|
C. Rublik penilian pengetahuan
No |
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
SCore |
1 |
Tujuan
Komunikatif |
Berkembang
Sangat baik Berkembang
sesuai harapan Mulai
berkembang Belum
berkembang |
4 bintang 3 bintang 2 bintang
1 bintang |
D.Rublik
penilaian ketrampilan fisik motorik
No |
Aspek yang
dinilai |
Kriteria |
Score |
1 |
Percampuran
2 warna |
Berkembang
sangat baik Berkembang
sesuai harapan Mulai
berkembang Belum
berkembang |
4 bintang 3 bintang 2 bintang 1 bintang |
2 |
Percampuran
2 atau 3 warna |
Berkembang
sangat baik Berkembang
sesuai harapan Mulai
berkembang Belum
berkembang |
4 bintang 3 bintang 2 bintang 1 bintang |
3 |
Mengelompokkan
permen warna warni sesuai tempat |
Berkembang
sangat baik Berkembang
sesuai harapan Mulai
berkembang Belum
berkembang |
4 bintang 3 bintang 2 bintang 1 bintang |
LEMBAR
KERJA SISWA
I
Mengeksplorasi warna bagi murid yang sudah dapat
mengikuti intruksi yang terdiri dari 2 langkah.
Cara pengerjaan LKS : guru meminta anak memperhatikan
tabel warna dan meminta mereka mencampurkan warna sesuai yang ada di tabel
kemudian hasil dari pencampuran diwarnai dalam lingkaran yang telah disediakan.
1.
|
MERAH + BIRU
|
|
2. |
KUNING + MERAH
|
|
3. |
PUTIH + HITAM |
|
4. |
BIRU + HITAM |
|
5. |
PUTIH + BIRU
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
II
Mengeksplorasi
warna bagi murid yang sudah dapat mengikuti intruksi lebih dari 2 langkah.
Cara pelaksanaan LKS :
Guru mengintruksikan /
membacakan intruksi kepada siswa untuk
mencampurkan 3 warna dan menggambarkan hasil dari pencampuran warna
dalam lingkaran yang telah disediakan.
1. |
MERAH + BIRU + KUNING |
|
2.
|
KUNING + MERAH + BIRU |
|
3.
|
PUTIH + HITAM + KUNING |
|
4.
|
BIRU + HITAM + PUTIH |
|
5.
|
PUTIH + BIRU + MERAH |
|
LEMBAR KERJA SISWA
III
Mengeksplorasi warna bagi murid yang belum dapat
mengikuti intruksi dengan baik.
Cara pengerjaan LKS :
1. Membimbing murid mengelompokkan permen sesuai dengan warna wadah/ tempatnya.
.
SeSetelah
permen dikelompokkan guru membimbing anak untuk mencampurkan 2 warna permen atau
lebih.
3.
Setelah
permen dicampur guru membimbing anak untuk menuangkan sedikit air ke dalam
campuran permen, dan meminta murid memperhatikan apa yang terjadi?
Komentar
Posting Komentar