RPP PEMBELAJARAN BERDISFERENSIASI
DAN
SOSIAL EMOSIONAL (KSE)
SAFRINA CGP ANGKATAN 1 KAB. PIDIE
PROVINSI ACEH
ALAT KOMUNIKASI
AKSI NYATA KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SOSIAL
EMOSIONAL(KSE)
PADA TAMAN KANAK-KANAK TK KARTIKA
XIV-4 SIGLI KELOMPOK B1 (5 – 6 TAHUN)
Tema / Sub Tema : Alat
Komunikasi/ Telepon (hp)
Hari/ tanggal :-
Kelompok : B1
Usia : 5-6 tahun
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan |
Mampu menghargai diri sendiri dan orang lain |
2.2 memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap ingin tau |
Berani mencoba hal-hal baru
melalui kegiatan pembelajaran. |
2.5 memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap
percaya diri |
Berani bertanya, dan menyampaikan ide, mampu mengerjakan tugas sendiri. |
3.9/4.9
Mengenal tehnologi sederhana(peralatan bermain, alat komunukasi, peralatan
rumah tangga, dll)menggunakan tehnologi sederhana (perlatan bermain,alat
komunikasi,peralatan rumah tangga,dll) untuk menyelesaikan tugasnya |
Mampu
menyebutkan macam-macam alat
komunikasi, kegunaannya, serta cara menggunakannya |
3.13/4.13 mengenal emosi diri dan orang lain. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar. |
Mendengarkan
pembicaraan orang lain, merespon dengan baik serta menghormati orang lain dan
mampu mengendalikan emosi sendiri. |
Materi:
Ø Mensyukuri ciptaan
Allah
Ø Menyebutkan macam-macam alat komunikasi
Ø Menyanyikan lagu “telepon”
Ø Mewarnai gambar hp
Ø Menggunting gambar hp
Ø Menulis kembali kata telepon
Bahan
dan Media Pembelajaran : poster,
gambar hp, pensil, cat.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Setelah anak mendengar penjelasan guru anak dapat menyebutkan macam-macam alat
komunikasi .
2.
Setelah mendengarkan penjelasan guru anak dapat mewarnai dan menggunting gambar hp dengan benar.
3. Melalui Lembar kerja anak dapat menulis kembali kata telepon sesuai gambar dengan benar.
A. Kegiatan Pembukaan (10 menit)
·
Guru memberi
salam, dan tanya jawab dengan anak.
·
Guru dan anak
membaca doa sebelum kegiatan dimulai.
·
Guru mengabsensi murid.
·
Guru dan anak bernyanyi bersama sesuai dengan tema.
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Apersepsi
Sebelum memasuki
kegiatan inti guru melakukan
kegiatan rileks terlebih dahulu
dengan menggunakan tehnik ICE BREAKING” tepuk tangan, pindah tempat”. Penjelasan yang dilakukan guru ; guru
mengajak anak melakukan ice breaking untuk menenangkan suasana, anak lebih
rileks, bahagia menyenangkan dan lebih santai.
penjelasan yang dikatakan kepada murid adalah : guru meminta kepada anak guru tepuk tangan sekali pindah ke dapan, dua kali ke belakang, tiga kali samping kiri dan empat kali samping kanan ( KSE pengelola emosi dan focus).
Tujuan melakukan tehnik ini adalah untuk membuat anak merasa lebih tenang dan siap/ fokus dalam
menerima materi pembelajaran.
B. Kegiatan Inti ( 30 menit)
·
Guru memperlihatkan media gambar Alat komunikasi.
· Guru menyebutkan dan menjelaskan macam-macam alat komunikasi.
·
Guru meminta anak untuk bernyanyi bersama lagu telepon
·
Guru memberi tugas bagi anak mewarnai dan menggunting
gambar hp ( pembelajaran berdiferensiasi produk)
·
Bagi anak yang sudah selesai mewarnai dan menggunting hp,
maka melanjutkan menulis kembali kata telepon sesuai gambar( pembelajaran
berdasarkan kesiapan belajar).
·
Anak memajang hasil karya di dinding, dan guru meminta
kepada anak untuk saling menghargai hasil karya teman (KSE kesadarn sosial-ketrampilan
berempati).
Yang dilakukan guru : meminta anak semua memajang hasil karyanya
Yang dikatakan pada murid : Kita sesame teman harus saling
menghargai hasil karya sendiri dan teman, dan tidak ada yang bilang buat hasil
karya teman jelak, itu tidak baik.
Tujuan KSE : untuk memahami dan merasakan perasaan sesama teman.
C. RECALLING
·
Merapikan alat/bahan yang digunakan
·
Mencuci tangan
·
Baca doa makan
dan makan bersama
Pada saat kegiatan makan guru
menggunakan tehnik Mindful
eating Yang dilakukan
guru : meminta murid mengikuti
model S-S-S untuk
mempraktekkan pola makan dengan kesadaran.
Yang dikatakan pada murid :
Ø Sit- minta anak duduk saat makan
Ø Slow- minta anak makan secara
berlahan
Ø Savor- minta anak menikmati makanan mereka
Tujuan tehnik
ini : supaya anak dapat membedakan makan dengan kesadaran dan tidak, dan bisa merasakan tekstur
dan rasa dari makanan tersebut.
D. Kegiatan Penutup ( 5 menit)
·
Anak bersama
guru mengambil kesimpulan pembelajaran
·
Guru dan anak melakukan
refleksi pembelajaran
·
Menyampaikan pesan
moral.
·
Berdoa, bernyanyi dan bersholawat.
Mengetahui, sigli,
19 Maret 2021
Kepala Tk kartika Guru
kelompok B1
Cut Sriwahyuni, S.Pd
Safrina, S.Pd
RUBRIK PENILAIAN ATAU PERANGKAT DOKUMENTASI KINERJA MURID
Penilain proses menyebutkan benda-benda yang ada dilangit (penilain
pengetahuan)
No |
NAMA |
PENILAIAN |
|||
BB |
MB |
BSH |
BSB |
||
1 |
Najwa |
|
|
|
|
2 |
Fahri |
|
|
|
|
3 |
Dst.. |
|
|
|
|
Keterangan:
Deskripsi skala |
|||
BSB |
BSH |
MB |
BB |
Anak mampu menyebut kan macam-macam
alat komunikasi |
anak mampu menyeb
utkan macam-macam alat komunikasi namun kurang tepat |
anak belum mampu menyeb ut kan macam-macam alat komunikasi dengan benar |
anak tidak mampu menyebut kan macam-macam alat komunikasi. |
Rubrik Penilaian hasil kerja siswa ( penilaian ketrampilan)
Nama Siswa |
Bintang 1 |
Bintang 2 |
Bintang 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Bintang 1 |
Belum mampu menciptakan hasil karya |
Bintang 2 |
Hanya mampu menyelesaikan sebagian dari hasil karya. |
Bintang 3 |
Mampu mengerjakan hasil karya |
Penilaian Sikap
Nama Siswa |
Berprilaku Spiritual |
Sikap Sosial |
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Sikap spiritual |
Sikap Sosial |
Keterangan |
Berdoa Mengucap Syukur |
Percaya diri Menghargai teman Suka menolong |
Cukup (C) Baik
(B) Amat Baik
(A) |
LEMBAR KERJA
ANAK
NAMA :
KELOMPOK :
TEMA/S.TEMA : Alat komunikasi/ Hp
Cara pengerjaan LK :
Anak mewarnai gambar HP setelah mewarnai menggunting gambar hp tersebut.
Kemudian menuliskan kembali kata hp per huruf tersebut
pada tabel kosong dibawahnya.
T |
E |
L |
E |
P |
O |
N |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar