Portofolio Aksi nyata 3.3
Safrina, Modul 3.3
PROGRAM PENGEMBANGAN LITERASI MELALUI PUSTAKA MINI“ Tahun Pelajaran 2020/2021 “
“ Praktik pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran dengan menggunakan 4 komponen yaitu Facts, Feeling, Findings,
Future “
A.
Peristiwa ( facts )
v
Latar belakang
Pendidikan merupakan salah satu peran penting
dalam membentuk generasi
yang akan datang.
UU No. 20 Tahun 2003 Pasal
3 tentang sistem pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermatabat. Sekolah juga mempunyai
peran dalam membentuk
kepribadian dan perilaku
yang dimiliki siswa. Guru harus memberikan pemahaman kepada siswa cara membaca gambar atau
huruf lepas pada buku yang dilihat siswa saat
berada pada pustaka mini. Maka dari itu guru harus selalu menuntun siswanya dalam
menumbuhkan potensi yang ada pada siswa tersebut. Melalui literasi ini dapat
membuat siswa lebih kreatif, cepat mengenal huruf, baca secara tidak sengaja.
Dimaan siswa akan muncul minat sendiri dengan sering membuka buku serta melihat
gambar –gambar yang menarik.
v
Alasan kegiatan dilakukan adalah :
1. Bagian dari program sekolah
2. Mengenal Membaca Sejak usia
dini
3. Mengasah dan membentuk karakter anak didik : mandiri,
berani dan percaya diri
4. Mengasah dan mengembangkan kemampuan aspek
perkembangan bahasa ,
emosional anak didik dalam
pembelajaran nyata dan bermakna
Ø Nam : rasa
syukur kepada Allah diberi kesehatan dan keberkahan umur
Ø Sosem : mandiri, berani dan percaya diri,
memiliki sifat sabar menunggu giliran dan saling menghargai sesame teman.
Ø Motorik : menggerakkan
seluruh tubuh mmembersihkan
pustaka mini, membuka buku untuk membaca gambar.
Ø Bahasa : mengenal kata, kalimat, bisa baca gambar
Ø Kognitif : menghitung jumlah buku, mencocokkan gambar dengan kata, mencari pasangan dan mengenal angka.
Ø Seni : mengenal warna.dan mewarnai gambar.
v Hasil aksi yang dilakukan :
Program berjalan sesuai dengan harapan walaupun hasil evaluasi ada beberapa hal yang perlu di kaji kembali untuk ke depan menjadi bahan perbaikan yang intinya kegiatan ini tetap dilakukan dengan tujuan memberi lingkungan pembelajaran yang nyata dan bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Ada beberapa hal dari kegiatan ini yang sangat mendukung keberhasilan yang perlu saya apresiasi, yaitu :
Ø
Antusias anak didik
dalam mengikuti
kegiatan ini, bahkan untuk hadir diruang pustaka mini untuk membaca gambar pada buku cerita dengan wajah yang ceria dan menyenangkan.
Ø
Sangat besar dukungan orang tua program
ini dapat terlaksana. Walaupun jadwal kehadiaran mereka berbeda ( rolling )
setiap jadwal terdiri dari 12 anak didik.
Ø
Aspek perkembangan anak didik
tercapai
B. Perasaan ( feeling )
Perasaan sangat senang dan bahagia program ini berhasil dengan baik dan di sambut baik oleh teman-teman, yayasan dan juga orang tua. Ini merupakan program di sekolah dan tidak terlalu sulit menjalankan karena ini sudah diprogram/dirancang/dibahas dengan yayasan,kepala, dan dewan guru. Melihat kondisi saat ini kami tidak begitu antusias dengan kegiatan ini namun, karena keinginan besar orang tua yang di sampaikan melalui komunikasi denga wali kelas maka ini menjadi pertimbangan kami untuk tetap melakukan literasi Hal yang me pustaka mini. Menarik dan rasa bahagia bagi saya adalah pada saat persiapan kecerian, kebebasan nuansa yang begitu menyenangkan terlihat pada rona wajah lugu anak ada kebahagian tampak dari anak didik.
C. Pembelajaran ( findings )
kerjasama,
motivasi/dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, membangun komunikasi aktif dan
saling menghargai akan tanggung jawab tugas masing-masing akan memudahkan kita
dalam mengambil keputusan.
§
Anak melakukan
kegiatan kunjung pustaka mini dan tanggung jawab.
§
Dukungan semua pihak(kepala, dewan guru
§
Pengelolaan dilakukan dengan bekerja sama,
untuk menimalisir pengeluarkan dapat dimanfaatkan lingkungan sekitar.
§
Kegiatan pembelajaran
anak didik jauh lebih bermakna, berarti bagi pertumbuhan dan perkembangannya.
Guru mau mendesein kegiatan sesuai dengan tujuan.
§
Desein lingkungan yang
menarik dan berbeda
D.
Penerapan kedepan (future )
Setiap kegiatan pasti ada kekurangan dan
ada kelebihannya, namun itu bukan sesuatu yang fatal atau kesalahan besar, namun dibutuhkan kreatifitas
bertindak dan berfikir dalam mensikapinya
suatu program yang akan dilakukan. Kerjasama, dukungan
semua pihak dari pemangku kepentingan
menjadi hal penting terlaksananya melalui program monitoring masing-masing
bidang dapat mengevaluasi dan belajar menimalisir hambatan tersebut. evaluasi
dapat digambarkan sebagai perbaikan hambatan-hambatan
yang dihadapi untuk menjadi perbaikan ke depannya.
Dokumen
Kegiatan
Ruang bermain pustaka mini
masih berantakan dan tidak rapi
Merapikan ruang pustaka
bersama murid
Komentar
Posting Komentar