Portofolio Aksi nyata 3.3

 

Safrina, Modul 3.3 

PROGRAM PENGEMBANGAN LITERASI  MELALUI PUSTAKA MINI Tahun Pelajaran 2020/2021 “

Praktik pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dengan menggunakan  4 komponen yaitu Facts, Feeling, Findings, Future “ 

A.            Peristiwa ( facts )

v  Latar belakang

Pendidikan merupakan salah satu peran penting dalam membentuk generasi yang akan datang. UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat. Sekolah juga mempunyai peran dalam membentuk kepribadian dan perilaku yang dimiliki siswa. Guru harus memberikan pemahaman kepada siswa cara membaca gambar atau huruf lepas pada buku yang dilihat siswa saat berada pada pustaka mini. Maka dari itu guru harus selalu menuntun siswanya dalam menumbuhkan potensi yang ada pada siswa tersebut. Melalui literasi ini dapat membuat siswa lebih kreatif, cepat mengenal huruf, baca secara tidak sengaja. Dimaan siswa akan muncul minat sendiri dengan sering membuka buku serta melihat gambar –gambar yang menarik.

v  Alasan kegiatan dilakukan adalah :

1.      Bagian dari program sekolah

2.      Mengenal Membaca Sejak usia dini

3.      Mengasah dan membentuk karakter anak didik : mandiri, berani dan percaya diri

4.      Mengasah dan mengembangkan kemampuan aspek perkembangan bahasa , emosional anak didik dalam pembelajaran nyata dan bermakna

Ø  Nam       : rasa syukur kepada Allah diberi kesehatan dan keberkahan umur

Ø  Sosem   : mandiri, berani dan percaya diri, memiliki sifat sabar menunggu giliran dan saling menghargai sesame teman.

Ø  Motorik  : menggerakkan seluruh tubuh mmembersihkan pustaka mini, membuka buku untuk membaca gambar.

Ø  Bahasa    : mengenal kata, kalimat, bisa baca gambar   

Ø  Kognitif  : menghitung jumlah buku, mencocokkan gambar dengan kata, mencari pasangan dan mengenal angka.

Ø  Seni         :  mengenal warna.dan mewarnai gambar.                                                                                  

v  Hasil aksi yang dilakukan :

Program berjalan sesuai dengan harapan walaupun hasil evaluasi ada beberapa hal yang perlu di kaji kembali untuk ke depan menjadi bahan perbaikan yang intinya kegiatan ini tetap dilakukan dengan tujuan memberi lingkungan pembelajaran yang nyata dan bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Ada beberapa hal dari kegiatan ini yang sangat mendukung keberhasilan yang perlu saya apresiasi, yaitu :

Ø  Antusias anak didik dalam mengikuti kegiatan ini, bahkan untuk hadir diruang pustaka mini untuk membaca gambar pada buku cerita dengan wajah yang ceria dan menyenangkan.

Ø  Sangat besar dukungan orang tua program ini dapat terlaksana. Walaupun jadwal kehadiaran mereka berbeda ( rolling ) setiap jadwal terdiri dari 12 anak didik.

Ø  Aspek perkembangan anak didik tercapai

B.     Perasaan ( feeling )

Perasaan sangat senang dan bahagia program ini berhasil dengan baik dan di sambut baik oleh teman-teman, yayasan dan juga orang tua. Ini merupakan program di sekolah dan tidak terlalu sulit menjalankan karena ini sudah diprogram/dirancang/dibahas dengan yayasan,kepala, dan dewan guru. Melihat kondisi saat ini kami tidak begitu antusias dengan kegiatan ini namun, karena keinginan besar orang tua yang di sampaikan melalui komunikasi denga wali  kelas maka ini menjadi pertimbangan kami untuk tetap melakukan literasi Hal yang me pustaka mini. Menarik dan rasa bahagia bagi saya adalah pada saat persiapan kecerian, kebebasan nuansa  yang begitu menyenangkan terlihat pada rona wajah lugu anak ada kebahagian tampak dari anak didik. 

C.    Pembelajaran ( findings )

kerjasama, motivasi/dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, membangun komunikasi aktif dan saling menghargai akan tanggung jawab tugas masing-masing akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan.

§   Anak melakukan kegiatan kunjung pustaka mini dan tanggung jawab.

§   Dukungan semua pihak(kepala, dewan guru

§   Pengelolaan dilakukan dengan bekerja sama, untuk menimalisir pengeluarkan dapat dimanfaatkan lingkungan sekitar.

§   Kegiatan pembelajaran anak didik jauh lebih bermakna, berarti bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Guru mau mendesein kegiatan sesuai dengan tujuan.

§   Desein lingkungan yang menarik dan berbeda

 

D.     Penerapan kedepan (future )

  Setiap kegiatan pasti ada kekurangan dan ada kelebihannya, namun itu bukan sesuatu yang fatal atau kesalahan besar, namun dibutuhkan kreatifitas bertindak dan berfikir dalam mensikapinya suatu program yang akan dilakukan. Kerjasama, dukungan semua pihak dari pemangku kepentingan menjadi hal penting terlaksananya melalui program monitoring masing-masing bidang dapat mengevaluasi dan belajar menimalisir hambatan tersebut. evaluasi dapat digambarkan sebagai perbaikan hambatan-hambatan yang dihadapi untuk menjadi perbaikan ke depannya.     


Dokumen Kegiatan        

Ruang bermain pustaka mini masih berantakan dan tidak rapi

Merapikan ruang pustaka bersama murid



Setelah merapikan ruang putaka membaca doa bersama
Ruang pustaka setelah dirapikan lebih indah dan nyaman







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan aksi nyata safrina tk kartika